Thursday, December 16, 2010

Cinta

Cinta...

Apa itu cinta?

Cinta adalah anugerah terindah yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa kepada manusia, makhluk ciptaan-Nya yang mulia. Ia menempatkan cinta di dalam hati setiap manusia. Semua orang termasuk penjahat sekalipun, pasti memiliki perasaan cinta di hati mereka yang terdalam, setidaknya cinta pada diri sendiri. Cinta tak hanya bicara tentang perasaan di antara sepasang kekasih atau suami istri saja. Cinta juga adalah perasaan antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan alam, orang tua dengan anak, guru dengan murid, cinta antara sahabat, dan sebagainya.

Cinta itu tulus, selalu memberi dan tak pernah meminta imbalan. Cinta tidak cemburu – cemburu boleh asal bukan cemburu buta. Cinta selalu memaafkan, ia tak pernah membenci apalagi menyimpan dendam. Cinta tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan, karena yang seperti itu bukanlah cinta, melainkan nafsu.

Cinta datang di hati manusia tanpa diundang, muncul tiba-tiba tanpa bisa ditahan, sehingga terkadang kita merasa mencintai orang yang salah atau bertepuk sebelah tangan. Jika sudah seperti itu kita pasti bertanya-tanya, kenapa Tuhan harus memberi perasaan cinta seperti itu? Namun, Tuhan pasti sudah punya rencana. sengaja memberikan kita kesempatan untuk berkali-kali jatuh cinta pada orang yang salah, supaya ketika kita sudah menemukan orang yang tepat, kita bisa mengucap syukur pada-Nya. Kesalahan dalam percintaan hanyalah suatu pelajaran yang dapat kita petik agar tidak jatuh ke dalam kesalahan yang sama dan agar kita menjadi lebih kuat. Setidaknya kita bisa mendapat pengalaman untuk dapat dibagikan kepada orang lain dan juga bisa menjadi kenangan indah untuk dikenang di hari tua.

No comments:

Post a Comment