Friday, February 25, 2011

Boy Band Indonesia

Kemunculan sebuah Boy Band di Indonesia pada bulan oktober 2010 menjadi fenomena tersendiri. Banyak yang memuja, tapi banyak juga yang mencela dan dikatai plagiat. Salah satu penyebab disebut plagiat adalah karena ternyata di Korea juga ada Boy Band yang bernama sama. Nada lagu serta cara berpakaian dan ganya mereka dipanggung juga Korea banget. Coba lihat di bawah ini:


Sm*sh Korea

SUJU Korea (atas) vs SM*SH Indonesia(bawah)
Baju yg mereka pakai sama2 jas hitam

 Konsep video klip sama2 backgroun putih


Haha ini yg paling kelihatan samanya...

Baiklah, pertama-tama kita harus tahu dulu apa itu Boy Band? Boy band adalah sejenis kelompok musik pop atau R&B yang terdiri dari tiga anggota atau lebih, semuanya penyanyi laki-laki muda. Biasanya anggota boy band selain menyanyi juga menari dalam pertunjukan mereka. Mereka biasanya dibentuk oleh seorang manajer atau produser rekaman dengan cara mengadakan audisi, di mana para peserti diuji penampilannya, kemampuan menyanyinya, dan kemampuan berdansanya. Mereka biasanya tidak memainkan alat musik sendiri (Wikipedia).
Pertama kali Ann mengenal Boy Band itu dari Negara bule, seperti Westlife, Backstreet Boys, Blue, dll. Lalu waktu zamannya Meteor Garden, Boy Band Taiwan mulai bermunculan seperti F4, 5566, dll. Lalu ketika Drama Korea Berjaya, muncul Suju, SS501, Big Bang, dll. Lalu sekarang cowok Indonesia juga nggak mau kalah, mereka mulai mengikuti untuk membuat Boy Band. Waktu pertama kali Ann melihat mereka, Ann tidak terbiasa, terlihat freak. Malah awalnya Ann mengira mereka menyanyikan lagu mandarin. Entah pronounsasion yang kurang jelas atau kuping Ann yg agak budek. “I Know You So Well” terdengar seperti “Ai Ni Wu So Wei”. Pacar Ann malah bilang lirik “You Know Me So Well” kedengaran seperti “Indomie Goreng…” hahaha…


So, what happened with this? Melihat Boy Band luar negeri rasanya mereka keren, tapi saat melihat Boy Band negeri sendiri, kok terasa nggilani? Mungkin kita Cuma tidak terbiasa aja. Kita lebih terbiasa melihat dan mendengar lagu2 dari penyanyi solo atau group band yang pake alat music kayak Nidji, Kerispatih, Ungu, dll. Grup penyanyi tanpa alat music juga sebenarnya banyak tapi kebanyakan sih cewek, seperti AB3, T2, dll. Kalau Tangga dan Project Pop itu grup penyanyi tanpa alat music juga, kayak boy band tapi ada ceweknya dan lagu2 mereka berupa pop asli Indonesia, tidak mirip dengan lagu luar negeri.


Mungkin lama2 seiring berjalannya waktu, masyarakat akan mulai terbiasa dengan boy band Indonesia itu. Kalau mau ngasih saran nih, sebaiknya boy band Indonesia mengusung budaya sendiri. Misalnya:
1.       bikin boyband dangdut ^^,
2.      pakai batik atau menyelipkan kain batik di kostum mereka,
3.      koreografinya pake tarian daerah atau dicampur antara hip hop dengan daerah,
4.      menyanyikan lagu daerah atau lagu perjuangan yang dimixing sedemikian rupa, dll. Pokoknya yg Indonesia banget deh, jadi boyband Indonesia punya ciri khas tersendiri dan tidak dituduh plagiat lagi.

No comments:

Post a Comment