Friday, February 18, 2011

Painted Skin

Cerita dengan lokasi waktu cina kuno ini diawali ketika Wang Seng(Chen kun), komandan polisi memimpin penyerangan ke sebuah sarang perampok di gurun pasir. Setelah perampok2 berhasil dikalahkan, Wang Seng membebaskan seorang gadis tawanan dan dibawa pulang, namanya Xiao Wei(Zhou Xun). Ia akhirnya dianggap sebagai adik oleh wang Seng yg sudah punya istri bernama Pei Rong (Vicky Zhow).
Tidak ada yg tau kalo sebenarnya Xiao Wei adalah siluman rubah (kaya gumiho gitu). Agar tetap berwujud manusia, ia harus makan jantung manusia, makanya di kota itu banyak korban pembunuhan yg hilang jantungnya. Xiao Wei dibantu oleh siluman biawak yg diam2 mencintainya.

Pei Rong sebenarnya sudah curiga bahwa Xiao Wei adalah siluman karena pernah tak sengaja melukai Xiao Wei tapi cepat banget sembuhnya. Untuk menyelidikinya, Pei Rong minta bantuan mantan komandan polisi yg hidupnya jadi luntang lantung dan suka mabuk2an, Pang Yong (Donnie Yen). Pang Yong itu dulunya menyukai Pei Rong, tapi Pei Rong lebih memilih untuk menikah dengan Wang Seng. Ia menyelidiki dibantu oleh dukun wanita, Xia Bing(Betty Sun). Tapi Pang Yong dan Xia Bing tak berhasil menemukan bukti kalau Xiau wei adalah siluman, malah Pang Yong dituduh sebagai pembunuh sehingga tidak berani memperlihatkan diri di kota.

Xiao wei menyukai Wang Seng dan ingin merebutnya dari Pei Rong. Ia sampai masuk ke mimpi Wang Seng dan bercinta dalam mimpi. Suatu malam Xiao Wei menangis, Wangseng mendengarnya. Xiao Wei mengajak Wang Seng 'begituan' tapi Wang Seng tak mau, tiba2 siluman biawak datang hendak membunuh Wang seng, tapi Pei Rong menghalangi. Pasukan datang dan mengejar siluman itu, entah kenapa Pei Rong ada diantara pasukan itu dan siluman tadi hendak membunuh Pei Rong. Wang seng segera berlari menolong Pei rong. Hal ini membuat Xiao Wei cemburu. Pei Rong juga marah karena suaminya ada dikamar wanita lain

Pei Rong masuk ke kamar Xiao Wei untuk bicara sesuatu, tapi ia malah melihat Xiao Wei melepas kulit dan berubah menjadi sosok mengerikan. Pei Rong lari ketakutan, tapi ia kembali lagi. Lalu ada seorang prajurit datang, Xiao Wei langsung mengambil jantungnya didepan mata Pei Rong.  Xiao Wei memberi pilihan sulit pada Pei Rong, yaitu bersedia berhenti membunuh dengan syarat Pei Rong harus mengaku sebagai siluman yg selama ini melakukan pembunuhan. Setelah itu Pei Rong harus rela Xiao Wei menikah dengan Wang seng.

Karena kebaikan hati dan ketulusan cintanya, Pei Rong menyanggupi perjanjian itu. Xiao Wei memberi minuman yg bisa membuat Pei Rong berubah jadi siluman. Pei Rong langsung diburu untuk dibunuh, untuk Pang Yong dan Xia Bing menolong dan disembunyikan disuatu tempat. 

Tapi Wang Seng dan anak buahnya berhasil menemukannya. Terjadilah tragedy percintaan yg mengharukan sebagai berikut:
Wang seng menghampiri Pei Rong yg sekarat dan bertanya “Apa benar kau siluman?” “Ya” kata Pei Rong setelah melirik Xiao Wei. Semua pasukan siap membunuh, tapi wang seng melarang. “Biar aku sendiri yang membunuh siluman ini. Tapi karena ia adalah istriku, aku juga akan ikut bersamanya.” Wang Seng melepas semua baju zirahnya dan menghunus pisau. Pei Rong memegang tangan Wang seng dan menusukkan pisau itu ke tubuhnya sendiri.

Pang Yong Marah dan langsung menancapkan pedang besar ke bahu Xiao Wei.“Lihat, dia silumannya!” Pang Yong dan Xia Bing bertarung dengan Xiao Wei, tapi gagal. Lalu Wang Seng datang menusukkan pisau ke dada Xiau Wei, ia langsung berteriak dan berubah wujud(rupanya patah hati bisa bikin mati!). Wang seng berlutut agar Pei Rong dihidupkan kembali.
Xiao Wei: kalau kau mencintainya, kenapa kau tak mati bersamanya saja?
Wang seng: kalau gitu bunuhlah aku, tapi hidupkanlah ia lagi dan bilang padanya kalau aku mencintainya.
Wang seng bunuh diri. Xiao Wei menangis, lalu mengeluarkan mutiara rubah yg bisa menghidupkan orang mati. Tiba2 siluman biawak datang mengambil mutiara itu dan memakannya. Pang yong dan Xia bing bertarung dengannya. Xia Bing berhasil membuka pedang peniggalan kakeknya, tapi saat mau membunuh siluman, siluman itu menyandra pang yong.  Xia Bing terjatuh dengan pedang menghadap atas. Pang yong menjatuhkan diri bersama siluman itu yg sedang memeluknya dibelakangnya. Siluman itu mati, tapi pang yong juga mati. Xia Bing menangis krena ia membunuh org yg ia cintai dengan pedangnya sendiri. Tragis. Untungnya Xiao Wei berhasil menghidupkan mereka semua, tapi ia sendiri menjadi abu dan menghilang.
Wang Seng dan Pei Rong akhirnya hidup bahagia sebagai suami istri, sementara Pang Yong mengikuti Xia Bing jadi pemburu siluman.
Di Film ini waktu sebelum Wang Seng bunuh diri, ia sempat bilang pada Xiao Wei "Aku mencintaimu, tapi aku sudah memiliki Pei Rong" menurut Ann, Xiao Wei adalah siluman rubah/gumiho yg bisa memikat para lelaki. Wang Seng juga terpikat padanya, tapi ia sadar kalo sudah punya istri dan ia setia pada istrinya. Mantab dah Wang Seng ini...
Ann lebih suka Donnie Yen difilm ini daripada di Ip Man dan An Empress and The Warrior, karena di sini dia lucu, tidak seserius biasanya. Ann sedikit aneh melihat pakaian wanitanya, orang China tapi bajunya kimono Jepang. Tapi tak apa, Ann suka liat film historical itu karena suka lihat baju2 ceweknya. kisah cinta di akhir cerita juga Ann suka banget, romantis dan tragis. semuanya pada rela mati demi orang lain (Pei Rong mati demi Wang Seng; Wang seng mati demi Pei Rong; Pang Yong mati demi membunuh siluman; dan pada akhirnya saat semuanya hidup lagi, itu karena Xiao Wei yg mengorbankan dirinya menjadi abu dan menghilang...). Pemeran siluman rubahnya cantik banget, Ann suka. 




No comments:

Post a Comment