Friday, February 25, 2011

Lipsing

Lip sync atau lengkapnya lip-synchronization, atau biasa kita biasa menyebutnya lipsing sebagai bentuk penyesuaian lidah orang Indonesia dalam berkata-kata dan lebih lanjut dalam tulisan ini, kita akan menyebut nya: lipsing.Menurut wikipedia, lipsing adalah suatu teknik menyamakan gerakan bibir dengan suara -- yg biasa dilakukan di dalam sebuah produksi film, tv, atau video.

Bukan bermaksud menghina atau gimana, tapi menurut Ann, penyanyi2 yang baru bermunculan akhir2 ini (di Indonesia maupun luar negeri), kualitasnya tidak sebaik penyanyi senior. Buktinya adalah mereka menyanyi secara lip sing setiap penampilan live mereka.  Kebanyakan ada beberapa penyanyi solo itu yang awalnya adalah artis sinetron yang kepingin jadi penyanyi, tapi mungkin suaranya kurang bagus, lalu dimixing sedemikian rupa, lalu waktu mau tampil live, ia lip sing. Tak hanya penyanyi solo, beberapa group band juga nyanyi lip sing.

Kenapa mereka menyanyi secara lip sing? Apa karena suara mereka pada dasarnya tidak bagus? Atau capek mengeluarkan suara? Entahlah, yg tahu alasannya adalah mereka sendiri. Ada dugaan penyanyi2 tersebut melakukan lipsing karena memang disuruh sama produser acara.. alasan kenapa produser menyuruh mereka lipsing? dengar2 sih karena bayaran artis yg tampil live dan yg lipsing beda.. yg lipsing lebih murah.. oke, untung bagi pihak yg mempunyai acara..lantas, kenapa para artis mau melakukan lipsing? ya kecuali memang mereka merasa ga PD dengan suaranya, why do they want to do this?? mereka dapet bayaran lebih murah, dan yg paling buruk.. image mereka di mata masyarakat jatuh.. mereka dianggap tidak bisa menyanyi lah, bersuara jelek lah, dll.. that's the biggest question. kenapa mereka mau??

Yg pasti Ann sangat tidak suka banget kalo ada penyanyi yg lip sing. Nggak enak didengar aja. Ann lebih suka penyanyi/group band yg menyanyi secara langsung dengan suara asli mereka. Kalo penyanyi solo itu Ann suka yang jadul2 kayak alm Nike Ardila, Rio Febrian, Ruth Sahanaya, dll. Kalau Group Band, Ann suka Sheila on 7, Kerispatih, Ungu, Nidji, Peter Pan, dll.


Memang sih nggak semuanya penyanyi baru/muda menyanyi lip sing, ada juga yg emang suaranya bagus dan jarang lip sing, seperti Afgan, Vidi Aldiano, dll. Artis sinetron yg suaranya paling bagus tanpa lipsing, menurut Ann hanya Bunga Citra Lestari. 

No comments:

Post a Comment